PPDB SMAN 1 BERGAS TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Diposting pada: 2020-06-16, oleh : frendi, Kategori: Informasi Sekolah

P E N G U M U M A N

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMAN 1 BERGAS

TAHUN  PELAJARAN 2020/2021

Nomor : 422.1 /   125   / 2020

Berdasarkan Keputusan Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah No. 421/06356 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri dan SMK Negeri di Jawa Tengah,   SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang pada tahun pelajaran 2020/2021 menerima Peserta Didik Baru untuk 11 rombongan belajar dengan jumlah masing-masing  36  jumlah total  396  yang terdiri dari peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) 6 (enam) rombongan belajar,  Ilmu Pengetahuan Sosial 4 (empat ) rombongan belajar dan   Bahasa dan Budaya 1 (satu) rombongan belajar .

  1. Jalur Penerimaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
  1. Jalur zonasi   50 %
  2. Jalur afirmasi  15 %
  3. Jalur Perpindahan orang tua/Wali  5%
  4. Jalur prestasi  30%
  1. Waktu Pelaksanaan

Pendaftaran                         = Mulai 17 Juni 2020 Pukul 08.00 WIB

Sampai dengan 25 Juni 2020 Pukul 16.00 WIB

Pengumuman                        = 30 Juni 2020

Daftar Ulang                        = 1 s.d 8 Juli 2020

Hari Pertama masuk sekolah   = 13 Juli 2020

  1. Persyaratan PPDB

Persayaratan Umum

  1. Buku Rapor SMP/sederajat.
  2. Surat Keterangan Nilai Rapor Semester I – V SMP/sederajat yang diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan
  3. Ijazah SMP/sederajat atau surat keterangan yang berpenghargaan sama dengan ijazah SMP/ijazah Program Paket B/Ijazah satuan pendidikan luar negeri yang dinilai/dihargai sama/setingkat dengan SMP.
  4. Akta kelahiran dengan batas usia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada awal tahun pelajaran baru 2020/2021, dan belum menikah;
  5. Pas foto 3 X 4 cm
  6. Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen

Persayaratan Khusus

  1. Jalur Zonasi
  1. Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB atau dapat diganti dengan Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili;
  1. Bagi calon peserta didik dari pondok pesantren menggunakan surat keterangan bahwa pondok pesantren terdaftar pada Educational Management Islamic System (EMIS) yang diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota serta Surat Keterangan telah mukim sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun di pondok pesantren.
  1. Bagi calon peserta didik dari panti menggunakan surat keterangan  dari lembaga pengelola panti, sedangkan calon peserta didik dari Panti Asuhan/Sosial yang dikelola oleh masyarakat harus telah berbadan hukum.
  1. Jalur Afirmasi
  1. Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB atau dapat diganti dengan Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya surat keterangan domisili;
  2. Terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) dan/atau menyertakan bukti keikutsertaan dalam program penanganan kemiskinan dari Pemerintah atau Pemerintah Daerah (KIP, PKH, dan bukti lain yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah), data bersumber dari Kementerian Sosial RI dan atau Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.
  3. Calon peserta didik yang berasal dari panti asuhan ditetapkan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.
  4. Terdaftar dalam hasil pendataan putera/puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-19 melakukan pengamatan dan/atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung dengan pasien dan/atau orang dengan kasus Covid-19 yang memiliki resiko tertular Covid-19 yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  5.  Surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi yang bersangkutan khusus bagi calon peserta didik yang merupakan putera/ puteri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-19 melakukan pengamatan dan/atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung dengan pasien dan/atau orang dengan kasus Covid-19 yang memiliki resiko tertular Covid-19  dengan wilayah kerja di luar Provinsi Jawa Tengah, dan masih tercatat sebagai warga Provinsi Jawa Tengah.
  1. Jalur Perpindahan Orang Tua
  1. Surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan;
  2. Calon peserta didik yang merupakan anak guru yang mendaftar pada satuan pendidikan tempat orang tuanya bekerja sebagai guru dibuktikan dengan Surat Pernyataan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dilampiri Surat Keputusan/ Penugasan dari pejabat yang berwenang.
  3. Kartu Keluarga di luar zonasi.
  4. Surat Keterangan domisili dari RT/RW yang menerangkan bahwa orang tua calon peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili di wilayah tersebut terhitung setelah tanggal penugasan.
  1. Jalur Prestasi
  1. Kartu Keluarga yang masih berlaku.
  2. Piagam prestasi tertinggi yang dimiliki dan sesuai kriteria yang ditetapkan, yang diterbitkan paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB

Komponen penilaian yang dijadikan dasar dalam penghitungan nilai akhir untuk PPDB SMA jalur Prestasi terdiri:

  1. Nilai Rapor Semester I s.d V SMP/MTs atau yang sederajat, yaitu nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Apabila hasil Rapor Semester I s.d V untuk nilai Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA dalam rentang 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus) maka nilai dikonversi menjadi rentang nilai 0 (nol) sampai dengan 10 (sepuluh) hingga 2 (dua) digit di belakang koma.
  2. Nilai rapor dimaksud merupakan nilai rata–rata pada aspek kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan bagi satuan pendidikan yangmelaksanakan kurikulum 2013, sedangkan untuk satuan pendidikan yang melaksanakan kurikulum 2006 adalah nilai rata-rata pada aspek kompetensi pengetahuan.
  3. Nilai Kejuaraan dikelompokkan dalam 2 (dua) jenis, yaitu kejuaraan yang diiselengarakan secara berjenjang dan kejuaraan tidak berjenjang. Nilai kejuaraan diberikan kepada calon peserta didik karena yang bersangkutan memiliki prestasi di bidang akademik dan/atau non akademik yang diperolehnya pada jenjang pendidikan SMP/MTs atau yang sederajat.

PENGUMUMAN SELENKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD

CONTOH SURAT PERNYATAAN SILAHKAN DOWNLOAD

ALAMAT PENDAFTARAN https://ppdb.jatengprov.go.id

TRIMAKSIH

PANITIA PPDB SMA N 1 BERGAS


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id



2560412 Total Hits Halaman
211197 Total Pengunjung
338 Hits Hari Ini
Pengunjung Hari Ini
2 Pengunjung Online
Browser : Other
IP Address: 18.215.62.41