BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI
Diposting pada: 2022-12-10, oleh : frendi, Kategori: Tanpa KategoriMeningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Pendekatan Blended learning
pada Materi Termokimia di Masa Pandemi
Oleh:
Dewi Nourmala Sari
20 Agustus 2021
Pandemi COVID-19 telah mengubah semua aspek kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan. Seluruh pembelajaran tatap muka dihentikan diganti dengan pembelajaran daring yang memanfaatkan media online. Dalam keadaan apapun tujuan pendidikan harus tetap tercapai dengan tetap menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini.
Tugas seorang guru adalah tetap menjadi pendidik, pembimbing dan fasilitator belajar yang baik bagi siswanya. Minat belajar menjadi salah satu hal yang penting yang perlu diperhatikan saat pandemic. Hal ini dikarenakan keadaan yang berubah drastis membuat siswa perlu waktu untuk adaptasi dengan keadaan dan aktivitas yang baru. Biasanya belajar di sekolah dengan bertemu langsung dengan teman maupun guru, namun saat ini mereka harus belajar sendiri di rumah dengan tetap berdiam diri di rumah. Hal ini tentu membuat siswa menjadi bosan dan menurunkan minat belajar mereka.
Minat belajar yang turun ditandai dengan minimnya keterkumpulan tugas dan tagihan bagi siswa. Tugas dan materi yang hanya diberikan dengan tidak langsung pada google classroom membuat siswa kurang tertarik dengan pembelajaran dan berdampak pada malas mengerjakan tagihan yang ada.
Perlu adanya modifikasi pembelajaran yang membuat siswa tetap mau dan berminat dalam belajar di masa sulit pandemi ini. Blended learning merupakan pendekatan yang paling tepat. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran Blended learning, siswa diberikan akses belajar dengan 2 metode yaitu sinkron dan asinkron. Dalam pembelajaran sinkron siswa diberikan kesempatan untuk bertatap muka secara online dengan guru maupun teman-temannya dengan memanfaatkan google meet atau zoom. Sedangkan pada saat asinkronus siswa diberikan materi secara asinkron seperti video pembelajaran, lab virtual, dan tugas melalui google classroom.
Langkah dalam pembelajaran di awali dengan membagikan link zoom kepada siswa satu hari sebelum pembelajaran, kemudian pada hari pembelajaran, siswa dan guru bertemu secara sinkronus di zoom meeting. Guru mengawali dengan mengucapkan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa. Kemudian diberikan apersepsi pembelajaran apa yang akan dilaksanakan dengan mengingat kembali materi sebelumnya. Setelah itu disampaikan tujuan mafaat serta langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. Memasuki kegiatan inti, guru memutarkan video berisi materi yang akan dipelajari dilanjutkan dengan membuka termin tanya jawab. Setalah kegiatan tersebut selesai, guru memberikan link google classroom kepada siswa yang isinya berupa materi pdf, video pembelajaran dan juga tugas yang dapat dipelajari secara asinkronus. Guru menutup pembelajaran dengan menyampaikan batas akhir pengumpulan tugas dan juga arahan terkait tugas kemudian berdoa bersama dan mengucapkan salam.
Blended learning sangat efektif dilaksanakan dikala pandemi terutama dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini dapat terlihat dari hasil yang meningkat dari terkumpulnya tugas. Pada saat sinkronus siswa memperhatikan dengan seksama video yang bdiberikan dan aktif bertanya karena diberikan wadah untuk bertanya langsung kepada guru dan juga bertukar pendapat secara langsung dengan teman-temanya. Hasil belajar yang didapat selama pandemic pun meningkat. Karena siswa diberikan kesempatan untuk dapat mempelajari kembali materi dan juga mengerjakan tugas secara asinkron. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran blended learning dapat meningkatkan minat belajar siswa selama pandemic dan praktik ini semoga menjad inspirasi kepada guru lain untuk dapat di aplikasika pada pembelajaran selama pandemic. dewinourmala2021


Berita Lainnya
- INFO TERBARU PPDB SMAN 1 BERGAS TAHUN 2021/2022
- Tantangan Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19
- PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMAN 1 BERGAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023
- PROGRAM GREEN SCHOOL DI JEDA SEMESTER GASAL TP 2022/2023
- Seru-seruan Classmeeting Semester Gasal Tahun Ajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Bergas
Tinggalkan Komentar
Ada 0 komentar untuk berita ini

- Smansagas Menjadi Pamungkas Kegiatan Jumat Virtual Cabdin Wilayah 1
- Komite SMA Negeri 1 Bergas Masa Bakti 2023 - 2025 Terbentuk
- Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran
- UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN KESENIAN DI SEKOLAH
- MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN MEMBUAT POSTER KONVENSIONAL