Tantangan Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19
Diposting pada: 2022-12-10, oleh : frendi, Kategori: Tanpa KategoriTantangan Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19
Oleh:
Heni Alvionita, S.Pd
Guru Sejarah SMA Negeri 1 Bergas
Kabupaten Semarang
11 Juni 2022
Awal tahun 2020 yakni tepatnya bulan 16 Maret 2020, dunia dikejutkan dengan merebaknya pandemi Covid-19. Pandemi ini menjangkit hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia. Penerapan lockdown dan WFH menjadi salah satu upaya dari pemerintah untuk mengatasi keadaan ini. Lembaga pendidikan termasuk sekolah mau tidak mau harus beradapatasi, dimana kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara tatap muka (luring), namun lebih menekankan pada pembelajaran jarak jauh (daring) yang cenderung memanfaatkan teknologi khususnya teknologi informasi sebagai medianya. Namun pada kenyataannya pembelajaran daring tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena banyak dihadapkan oleh berbagai persoalan. Seperti keterbatasan siswa dalam menggunakan dan mengakses media pembelajaran daring baik berupa laptop maupun smartphone, lemahnya jaringan telekomunikasi (signal), pembekakan biaya kuota, ditambah lagi keluhan-keluhan orang dalam mendampingi dan mengawasi putra putrinya dalam pembelajaran daring, karena tidak semua orang tua siswa memiliki waktu luang dan latar belakang pendidikan yang tinggi.
Guru sebagai fasilitator utama dalam pembelajaran harus memiliki kecapakan dalam kompetensi pedagogik, profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi social. Dalam hal ini, guru dihadapkan dengan berbagai persoalan, mulai dari sulitnya beradaptasi dengan teknis pembelajaran daring, turunnya motivasi belajar siswa, kurangnya kerjasama orang tua siswa sampai dengan membengkaknya biaya kuota. Namun demikian, guru dituntut harus tetap profesional, kompetensi guru harus terus ditingkatkan demi keberlangsungan proses pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri. Tentunya ini menjadi tantangan besar bagi guru. Pemilihan aplikasi yang tepat, menarik dan mudah digunakan menjadi hal yang sangat penting dalam pembelajaran jarak jauh ini. Terdapat banyak cara bagi seorang pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran agar peserta didik mudah memahaminya. Menerapkan model dan metode yang tepat sehingga tercipta suasana yang menyenangkan selama proses belajar mengajar jarak jauh atau dengan menggunakan media yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar merupakan satu diantara beberapa pilihan yang tepat dalam mengatasi tantangan tersebut. Peran utama guru sebagai perencana sekaligus pelaksana proses belajar mengajar menuntut guru untuk selalu meningkatkan kualitas pengajarannya agar peserta didik dapat menguasai materi dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada kelas X di SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang, menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dan penerapan metode mengajar yang variatif pada pembelajaran Sejarah masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari masih banyaknya peserta didik yang tidak responsif dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui platform atau media-media yang digunakan oleh guru mapel.
Demi keberlangsungan proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru harus mampu mengimbangi kemajuan zaman terutama dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat. Pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif dan metode mengajar yang variatif menjadi salah satu jawaban atas permasalahan yang menjadi tantang bagi guru dalam Pembelajaran Sejarah selama Pandemi Covid-19. E-learning berbantuan media googleclassroom, quiziz, sway, whatsapp group, google form, dan lain sebagainya menjadi platform media yang sangat diandalkan oleh guru pada saat ini.
Menjawab tantangan dalam proses pembelajaran adalah satu hal yang harus dikuasai oleh seorang guru demi tercapainya pembelajaran yang sesuai dengan harapan. Guru dan peserta didik dituntut terlibat aktif dalam pemanfaatan paltform-platform belajar maupun media lainnya. Harapannya, meskipun berdampingan dengan pandemi Covid-19, guru mampu menjawab tantangan dalam dunia pendidikan yakni dengan melakukan pengembangan diri berupa inovasi pembelajaran yang bervariatif.


Berita Lainnya
- Meningkatkan Semangat Belajar Sejarah melalui Kegiatan Lawatan Ke Situs Sejarah Candi Ngempon
- MUSYAWARAH GUGUS DEPAN AMBALAN WUKIR REHTAWU / DEWI PERTIWI PANGKALAN SMAN 1 BERGAS TAHUN 2021/2022
- PENGAMBILAN IJAZAH TERTUNDA
- BERKAS PAKTA INTEGRITAS
- Sertijab Pengurus OSIS SMAN 1 Bergas
Tinggalkan Komentar
Ada 0 komentar untuk berita ini
