Tantangan Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19

Diposting pada: 2022-12-10, oleh : frendi, Kategori: Tanpa Kategori

Tantangan Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19

 

Oleh:

Heni Alvionita, S.Pd

Guru Sejarah  SMA Negeri 1 Bergas

 Kabupaten Semarang

11 Juni 2022

 

Awal tahun 2020 yakni tepatnya bulan 16 Maret 2020, dunia dikejutkan dengan merebaknya pandemi Covid-19. Pandemi ini menjangkit hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia. Penerapan lockdown  dan WFH menjadi salah satu upaya dari pemerintah untuk mengatasi keadaan ini. Lembaga pendidikan termasuk sekolah mau tidak mau harus beradapatasi, dimana kegiatan belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara tatap muka (luring), namun lebih menekankan pada pembelajaran jarak jauh (daring) yang cenderung memanfaatkan teknologi khususnya teknologi informasi sebagai medianya. Namun pada kenyataannya pembelajaran daring tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena banyak dihadapkan oleh berbagai persoalan. Seperti keterbatasan siswa dalam menggunakan dan mengakses media pembelajaran daring baik berupa laptop maupun smartphone, lemahnya jaringan telekomunikasi (signal), pembekakan biaya kuota, ditambah lagi keluhan-keluhan orang dalam mendampingi dan mengawasi putra putrinya dalam pembelajaran daring, karena tidak semua orang tua siswa memiliki waktu luang dan latar belakang pendidikan yang tinggi.

Guru sebagai fasilitator utama dalam pembelajaran harus memiliki kecapakan dalam kompetensi pedagogik, profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi social. Dalam hal ini, guru dihadapkan dengan berbagai persoalan, mulai dari sulitnya beradaptasi dengan teknis pembelajaran daring, turunnya motivasi belajar siswa, kurangnya kerjasama orang tua siswa sampai dengan membengkaknya biaya kuota. Namun demikian, guru dituntut harus tetap profesional, kompetensi guru harus terus ditingkatkan demi keberlangsungan proses pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri. Tentunya ini menjadi tantangan besar bagi guru. Pemilihan aplikasi yang tepat, menarik dan mudah digunakan menjadi hal yang sangat penting dalam pembelajaran jarak jauh ini. Terdapat banyak cara bagi seorang pendidik dalam menyampaikan  materi pembelajaran agar peserta didik mudah memahaminya. Menerapkan model dan metode yang tepat sehingga tercipta suasana yang menyenangkan selama proses belajar mengajar jarak jauh atau dengan menggunakan media yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar merupakan satu diantara beberapa pilihan yang tepat dalam mengatasi tantangan tersebut. Peran utama guru sebagai perencana sekaligus pelaksana proses belajar mengajar menuntut guru untuk selalu meningkatkan  kualitas pengajarannya agar peserta didik dapat menguasai materi dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada kelas X di SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang, menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dan penerapan metode mengajar yang variatif  pada pembelajaran Sejarah masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari masih banyaknya peserta didik yang tidak responsif dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui platform atau media-media yang digunakan oleh guru mapel.

Demi keberlangsungan proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, guru harus mampu mengimbangi kemajuan zaman terutama dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat. Pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif dan metode mengajar yang variatif menjadi salah satu jawaban atas permasalahan yang menjadi tantang bagi guru dalam Pembelajaran Sejarah selama Pandemi Covid-19. E-learning berbantuan media googleclassroom, quiziz, sway, whatsapp group, google form, dan lain sebagainya menjadi platform media yang sangat diandalkan oleh guru pada saat ini.

            Menjawab tantangan dalam proses pembelajaran adalah satu hal yang harus dikuasai oleh seorang guru demi tercapainya pembelajaran yang sesuai dengan harapan. Guru dan peserta didik dituntut terlibat aktif dalam pemanfaatan paltform-platform belajar maupun media lainnya. Harapannya, meskipun berdampingan dengan pandemi Covid-19, guru mampu menjawab tantangan dalam dunia pendidikan yakni dengan melakukan pengembangan diri berupa inovasi pembelajaran yang bervariatif.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
4409266 Total Hits Halaman
447624 Total Pengunjung
1271 Hits Hari Ini
Pengunjung Hari Ini
4 Pengunjung Online

Komunitas E_Learning

 Hasil gambar untuk gambar smabergas



4409267 Total Hits Halaman
447624 Total Pengunjung
1272 Hits Hari Ini
Pengunjung Hari Ini
4 Pengunjung Online
Browser : Other
IP Address: 35.175.236.44


  • FASHION SHOW DRESS 3R | 2024-01-26
  • KADER ADIWIYATA SMANSAGAS | 2024-01-26
  • TEH TELANG SMANSAGAS | 2024-01-26
  • JUMAT BERSIH SMANSAGAS | 2024-01-25
  • Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UDINUS – Prodi Teknik Informatika di SMA Negeri 1 Bergas | 2023-11-16
  • Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Angka dengan Media Kartu dan Quiziz | 2023-07-10
  • Menulis Tembang Gambuh Metode Inquiry dengan (PJBL) melalui Pendekatan Saintifik | 2023-07-10
  • INFORMASI DAFTAR ULANG | 2023-07-01
  • MGMP Matematika Gelar Workshop Perangkat Ajar KM | 2023-06-16
  • Tari Janaloka Melaju ke FLS2N Provinsi Jawa Tengah | 2023-06-15
  • Pembukaan Classmeeting SMA Negeri 1 Bergas Tahun 2023 | 2023-06-14
  • SMA Negeri 1 Bergas Juara 3 Festival Film INHUM UNDIP 2023 | 2023-06-12
  • 15 JUNI 2023 PPDB SMAN 1 BERGAS 2023/2024 DIBUKA | 2023-06-10
  • FORM BERKAS PPDB 2023 2024 | 2023-06-10
  • MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN TEKS PROSEDUR DAN MEDIA GAMBAR BERSERI | 2023-06-07
  • “Sekolah Inklusi Menjadi Jembatan bagi Penyandang Disabilitas” | 2023-06-07
  • DIBUKA - PPDB SMANSAGAS 2023 2024 - JALUR INKLUSI - untuk anak berkebutuhan khusus | 2023-06-03
  • SMA Negeri1 Bergas Borong Juara di Ajang FLS2N Tingkat Kabupaten Semarang Tahun 2023 | 2023-05-25
  • KELULUSAN PESERTA DIDIK SMA N 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2022/2023 ANGAKATAN 38 | 2023-05-25
  • Purna Tugas dan Mutasi ASN SMANSAGAS Berbagi Cerita | 2023-05-23
  • Selamat dan Sukses Peserta Didik SMA N 1 Bergas lolos SNBP dan SPAN-PTKIN 2023 | 2023-05-17
  • Indikara Volume 2 Nawasena Peringatan Hari Kartini 2023 | 2023-05-14
  • Smansagas Menjadi Pamungkas Kegiatan Jumat Virtual Cabdin Wilayah 1 | 2023-02-12
  • Komite SMA Negeri 1 Bergas Masa Bakti 2023 - 2025 Terbentuk | 2023-02-12
  • Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran | 2023-01-27
  • UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN KESENIAN DI SEKOLAH | 2023-01-25
  • MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN MEMBUAT POSTER KONVENSIONAL | 2023-01-11
  • IHT Akhir Tahun 2022 di SMA Negeri 1 Bergas | 2022-12-23
  • SMA Negeri 1 Bergas Studi Tiru Bank Sampah di Bank Sampah Mulya Sejahtera Gunung Pati | 2022-12-23
  • Ketika Gak Ada Murid Guru Harus Bagaimana | 2022-12-13