MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN MEMBUAT POSTER KONVENSIONAL
Diposting pada: 2023-01-11, oleh : frendi, Kategori: Tanpa KategoriARTIKEL
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN MEMBUAT POSTER KONVENSIONAL
Oleh : Dine Art Sani Raharjo, S.Pd
Sebagai guru kita harus melakukan inovasi dalam merancang serta mengembangkan perangkat pembelajaran, baik dari segi metode, model, media pembelajaran, sehingga guru dapat menerapkan model pembelajaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Mindset peserta didik dalam pelajaran sosiologi penuh dengan hafalan dan harus sama dengan guru maupun sumber buku sehingga tidak mengembangkan dengan kalimat sendiri. Peserta didik belum menyadari bahwa sosiologi selalu ada dalam kehidupan mereka sehingga berdampak menurunya motivasi belajar peserta didik.
Pemanfaatan pembelajaran PJBL (Project Based Learning) dengan membuat poster konvensional menuntut peserta didik untuk terlibat aktif dan menghasilkan karya poster konvensional dalam pembelajaran sosiologi. Setelah melakukan pembelajaran praktik tersebut, dapat melihat dampak dan hasil dari karya peserta didik berupa poster konvensional. Hasil kegiatan berdampak positif dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan rencana dan pelaksanaan kegiatan yang telah disusun dan berpusat pada peserta didik dengan membuat projek poster konvensional lebih meningkatkan motivasi peserta didik saat proses pembelajaran. Peserta didik lebih termotivasi dalam membuat hasil karya berupa poster konvensional dengan tema yang sudah ditentukan. Peserta didik berani berekspresi dalam membuat dan menggambar poster sesuai imaginasi dan kreatifitas peserta didik. Peserta didik bersemangat dalam mewarnai poster sehinga menjadi poster yang full color, menarik, dan sesuai tema. Peserta didik puas dengan hasil poster yang mereka dan tentunya dapat difoto dipublikasikan di media sosial.
Pemilihan metode pembelajaran PJBL dengan membuat poster konvensional, media pembelajaran dan bahan ajar yang menarik dan dipadukan dengan pembelajaran berbasis TPACK berupa PPT disertai video sebagai media pembelajaran dapat merangsang siswa untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mapel sosiologi. Dan terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sosiologi dan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.


Berita Lainnya
- Mengidentifikasi Informasi dalam Teks Ceramah Menggunakan Model Pembelajaran Grup Investigation
- BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI
- Webinar Penyuluhan Anti-Narkoba
- Ketika Gak Ada Murid Guru Harus Bagaimana
- Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Angka dengan Media Kartu dan Quiziz
Tinggalkan Komentar
Ada 0 komentar untuk berita ini
