Menulis Tembang Gambuh Metode Inquiry dengan (PJBL) melalui Pendekatan Saintifik

Diposting pada: 2023-07-10, oleh : frendi, Kategori: KARYA GURU

 

Menulis Tembang Gambuh Metode Inquiry

dengan Model Projek Based Learning (PJBL)

 melalui Pendekatan Saintifik

 

Oleh:

Nike Esti Kurniawati, M. Pd

Guru Bahasa Jawa SMA Negeri 1 Bergas

Kabupaten Semarang

1 Juli 2023

 

Tembang macapat merupakan salah satu wujud karya sastra lama yang diajarkan di sekolah. Namun pada kenyataannya banyak peserta didik yang kesulitan saat membahas materi tembang macapat. Salah satu faktor penghambatnya adalah motivasi dan minat peserta didik yang sangat kurang dengan materi pembelajaran tembang macapat. Selain itu bahasa yang digunakan dalam tembang macapat banyak ditemukan kosa kata  bahasa Jawa kuna/ kawi yang menjadikan peserta didik sulit untuk memahami dan mengambil inti sari ajaran yang ada didalamnya. Hal ini membuat peserta didik semakin bingung karena bahasa tersebut sudah tidak digunkan dalam bahasa pergaulan sehari-hari dan menjadikan semakin kurangnya minat peserta didik dalam mempelajari tembang macapat. Namun, ada juga jenis tembang macapat yang menggunakan bahasa jawa ngoko seperti tembang pocung, wujud cangkriman “bapak pucung dudu watu dudu gunung”

Berbagai kendala diatas yang membuat peserta didik kurang berminat mempelajari tembang macapat. Namun, agar peserta didik dapat mempelajari tembang macapat, terdapat prosedur yang menuntun peserta didik untuk bisa lebih mudah mempelajari tembang macapat yaitu melalui pengetahuan tentang struktur/ paugeran tembang macapat yang menjadi acuan.

Selain dari materi pembelajaran, faktor penghambat berikutnya adalah dari guru pengampu mata pelajaran. Kemampun guru dalam membawakan materi pembelajaran adalah modal awal dalam keberhasilan guru mencetak peserta didik yang berhasil. Namun pada kenyataannya kreatifitas dan keterbatasan guru dalam penguasaan media, model pembelajaran serta metode pembelajaran masih kurang, maka seharusnya guru lebih cerdik dalam menyiasati kekurangannya melalui kreativitas menggunakan berbagai media yang bisa mendukung tercapainnya tujuan pembelajaran “guru ora kelangan lakon”.

Selama ini kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher Center) atau masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional. Metode ceramah dan penugasan masih banyak menjadi andalan dalam pembelajaran. Pada hal dengan menggunkan metode tersebut dapat menyebabkan motivasi peserta didik berkurang serta peserta didik pasif dalam pembelajaran.

Oleh karena itu, model pembelajaran yang diterapkan yaitu model pembelajaran Projek Based Learning (PJBL). Salah satu kelebihan model ini adalah dapat mneingkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Sedangkan metode yang digunakan adalah Inquiry “Nulis Tembang Gambuh”

  1. Strategi
  • Strategi yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunkaan model Projek Based Learning (PJBL) dengan adalah Inquiry “Nulis Tembang Gambuh”.
  • Kolaborasi dengan rekan sejawat untuk penyusunan perangkat dan instrumen yang akan digunakan saat pembelajaran
  • Memaksimalkan peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas
  1. Proses Pembelajaran
  • Peserta didik merespon  salam pembuka dari guru. (4C-Komunikasi)
  • Peserta didik melaksanakan doa bersama untuk memulai pembelajaran. (4C-Kolaborasi)
  • Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah  pembelajaran yang akan dilaksanakan. (Saintifik-Mengamati)
  • Peserta didik melaksanakan tanya jawab bersama guru. (Saintifik-Menanya)
  • Peserta didik bertanya jawab dengan guru berkaitan kosa kata sukar yang ditemukan pada saat mengamati video tembang macapat (gambuh) yang telah ditampilkan melalui LCD Proyektor. (Saintifik-Menanya, PPP-Mandiri, TPACK)
  • Peserta didik dapat menulis guru lagu, guru gatra dan guru wilangan yang ada pada tembang macapat (gambuh). (Saintifik-Menalar, Berfikir kritis)
  • Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan menulis gagasan, dan pikiran dalam bentuk teks sastra tembang macapat (gambuh) (Saintifik-Menalar, 4C-Berfikir Kritis)
  • Peserta didik bertanya jawab dengan guru berkaitan kosa kata sukar yang ditemukan pada saat mengamati video tembang macapat (gambuh) yang telah ditampilkan melalui LCD Proyektor. (Saintifik-Menanya, PPP-Mandiri, TPACK)
  • Peserta didik dapat menulis guru lagu, guru gatra dan guru wilangan yang ada pada tembang macapat (gambuh). (Saintifik-Menalar, Berfikir kritis)
  • Peserta didik menjawab pertanyaan guru berkaitan menulis gagasan, dan pikiran dalam bentuk teks sastra tembang macapat (gambuh) (Saintifik-Menalar, 4C-Berfikir Kritis)
  • Peserta didik berdiskusi membuat  jadwal aktifitas kelompok dengan partisipasi seluruh anggota kelompok, mandiri, dan bertanggung jawab (Saintifik-Menalar)
  • Peserta didik membagi tugas anggota kelompok dengan partisipasi seluruh anggota kelompok, mandiri, dan bertanggung jawab (4C-Komunikasi)
  • Peserta didik berlatih menulis tembang macapat dengan acuan adanya guru lagu, guru gatra dan guru wilangan tentang menulis 1 teks tembang macapat (gambuh) secara kreatif (4C-Berfikir Kritis)
  • Peserta didik merangkai tembang macapat menjadi 1 teks tembang macapat mengenai kehidupan remaja sehari- hari (4C-Berfikir Kritis)
  • Peserta didik mengunggah 1 teks tulis tembang macapat (gambuh) kedalam media sosial instagram (4C-Berfikir Kritis)
  • Peserta didik dapat menunjukkan tulisan tembang macapat melalui gelar karyanya dengan cara menempel pada papan magnetik yang telah disediakan (4C-Berfikir Kritis)
  • Peserta didik telah difasilitasi oleh guru berkaitan dengan mengunggah teks tulis tembang macapat (gambuh) kedalam media sosial instagram perkembangan proyek. (Saintifik-Mencoba)
  • Guru memfasilitasi peserta didik papan magnetik untuk menempel tulisan tembang macapat melalui karyanya (Saintifik-Mencoba)
  • Peserta didik bersama guru mengevaluasi pengalaman yang didapatkan saat melaksanakan proses pembelajaran menulis tembang macapat (gambuh). (4C-Kolaborasi, Saintifik-Menalar, PPP-Bernalar Kritis)
  • Peserta didik diberikan kesempatan untuk menanyakan tentang hal terkait materi yang masih bingung. (Saintifik-Menanya)
  • Peserta didik menerima penjelasan untuk pertemuan selanjutnya.
  • Peserta didik merespon salam penutup dari guru.
  • Refleksi
  1. Terlibat  dalam Pembelajaran :
  • Guru
  • Rekan sejawat
  • Peserta didik
  1. Sumber daya yang dimiliki :
  • Kemauan untuk meningkatkan peran aktif peserta didik selama proses pembelajaran
  • Rekan sejawat yang aktif mendukung
  • Sarana dan prasarana yang mendukung untuk melaksanakan aksi

Pelaksanaan pembelajaran menulis teks tembang gambuh dengan teknik Projek Based Learning (PJBL) dengan metode inquiry berjalan sesuai sintak dan tujuan pembelajaran yang dicapai yaitu peserta didik dapat menghasilkan produk teks tembang gambuh dengan karya sendiri dengan dengan struktur  yang benar. Penerapan model dan metode ini dirasa cocok untuk materi menulis teks tembang gambuh. Penerapan model Projek Based Learning (PJBL) dan metode inqury adalah satu hasil pembelajaran yang kreatif.

  1. Dampak dari penerapan aksi langkah pembelajaran adalah sebagai berikut:
  • Pembelajaran sudah tidak teacher center, melainkan sudah tertumpu pada peserta didik guru hanya sebagai fasilitator pembelajaran
  • Peserta didik menjadi lebih termotivasi dan aktif dalam pembelajaran
  • Peserta didik dapat menciptakan teks tembang gambuh melalui hasil karyanya dengan bahasa dan kosa kata yang mudah dipahami dengan menggunakan metode inquiry

Hasil dari pembelajaran ini yaitu peran aktif peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran semakin meningkat yakni lebih kreatif dan inovatif. Serta sangat efektif  untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi dan keaktifan peserta didik saat pembelajaran tembang macapat. Meningkatnya motivasi dan keaktifan peserta didik dapat berpengaruh pada prestasi peserta didik didalam kelas.

 

 

 

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
4965102 Total Hits Halaman
456672 Total Pengunjung
13239 Hits Hari Ini
Pengunjung Hari Ini
14 Pengunjung Online

Komunitas E_Learning

 Hasil gambar untuk gambar smabergas



4965103 Total Hits Halaman
456672 Total Pengunjung
13240 Hits Hari Ini
Pengunjung Hari Ini
14 Pengunjung Online
Browser : Other
IP Address: 3.17.181.21


  • PENGUMUMAN KELULUSAN SMAN 1 BERGAS TAHUN PELAJARAN 2023-2024 | 2024-04-26
  • FASHION SHOW DRESS 3R | 2024-04-06
  • KADER ADIWIYATA SMANSAGAS | 2024-01-26
  • TEH TELANG SMANSAGAS | 2024-01-26
  • JUMAT BERSIH SMANSAGAS | 2024-01-25
  • Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UDINUS – Prodi Teknik Informatika di SMA Negeri 1 Bergas | 2023-11-16
  • Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Angka dengan Media Kartu dan Quiziz | 2023-07-10
  • Menulis Tembang Gambuh Metode Inquiry dengan (PJBL) melalui Pendekatan Saintifik | 2023-07-10
  • INFORMASI DAFTAR ULANG | 2023-07-01
  • MGMP Matematika Gelar Workshop Perangkat Ajar KM | 2023-06-16
  • Tari Janaloka Melaju ke FLS2N Provinsi Jawa Tengah | 2023-06-15
  • Pembukaan Classmeeting SMA Negeri 1 Bergas Tahun 2023 | 2023-06-14
  • SMA Negeri 1 Bergas Juara 3 Festival Film INHUM UNDIP 2023 | 2023-06-12
  • 15 JUNI 2023 PPDB SMAN 1 BERGAS 2023/2024 DIBUKA | 2023-06-10
  • FORM BERKAS PPDB 2023 2024 | 2023-06-10
  • MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN TEKS PROSEDUR DAN MEDIA GAMBAR BERSERI | 2023-06-07
  • “Sekolah Inklusi Menjadi Jembatan bagi Penyandang Disabilitas” | 2023-06-07
  • DIBUKA - PPDB SMANSAGAS 2023 2024 - JALUR INKLUSI - untuk anak berkebutuhan khusus | 2023-06-03
  • SMA Negeri1 Bergas Borong Juara di Ajang FLS2N Tingkat Kabupaten Semarang Tahun 2023 | 2023-05-25
  • KELULUSAN PESERTA DIDIK SMA N 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2022/2023 ANGAKATAN 38 | 2023-05-25
  • Purna Tugas dan Mutasi ASN SMANSAGAS Berbagi Cerita | 2023-05-23
  • Selamat dan Sukses Peserta Didik SMA N 1 Bergas lolos SNBP dan SPAN-PTKIN 2023 | 2023-05-17
  • Indikara Volume 2 Nawasena Peringatan Hari Kartini 2023 | 2023-05-14
  • Smansagas Menjadi Pamungkas Kegiatan Jumat Virtual Cabdin Wilayah 1 | 2023-02-12
  • Komite SMA Negeri 1 Bergas Masa Bakti 2023 - 2025 Terbentuk | 2023-02-12
  • Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran | 2023-01-27
  • UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN KESENIAN DI SEKOLAH | 2023-01-25
  • MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI DENGAN MEMBUAT POSTER KONVENSIONAL | 2023-01-11
  • IHT Akhir Tahun 2022 di SMA Negeri 1 Bergas | 2022-12-23
  • SMA Negeri 1 Bergas Studi Tiru Bank Sampah di Bank Sampah Mulya Sejahtera Gunung Pati | 2022-12-23